Upgrade PX ke NEW PX

Jakarta , 19 - 12 - 15
Kian Marak Produksi'an italy new px yang diketahui mencapai harga 50'an juta , sehingga tak kehabisan akal untuk pecinta sisemok untuk memanjakan vespanya diupgrade ke new px dengan cara modifikasi yang hanya mengganti (batok stang new px) ditambah aksesoris biar lebih eksis , sedikit rincian dari kami untuk menjelaskan secara detail untuk kalian yang ingin upgrade dari PX ke NEW PX

Bahan Vespa Yang digunakan bisa type ;
-Vespa PX (keluaran apa saja)
-Vespa PS ( Keluaran apa saja)
Namun yang lebih mudah direstorasi adalah vespa px keluaran tahun muda seperti px exclusive seperti gambar diatas sebagai bahan untuk direstorasi upgrade ke NEW PX


Berikut Rinciannya :

1.Stang New PX
Menurut saya yang paling penting dan mengalami perubahan adalah bagian ini , sebab keluaran vespa new px menggunakan batok stang pala bulat yang terlihat modern namun tetap klasik nan eksis , soal harga bervariasi mulai dari 1jt sampai 1,2 jt untuk keluaran produksian thailand , untuk yang ori italiano bisa mencapai 5jt , wow fantastis hanya untuk stang anda bisa merogoh kocek yang banyak!. , namun tak sedikit juga bagi para pecinta sisemok ini mengubah stang px nya (pala kotak) diketok(diubah) bulat ditukang ahlinya , namun menurut saya jika demikian hasil kurang maksimal karna bentuknya tdk terlalu mirip (dr pengalaman yg saya lihat) ditambah harganya yang tidak terlalu jauh beda dr aslinya , karna biaya mengubah bentuk dari kotak ke bulat bisa mencapai 899rb ? bukankah lebih baik beli barunya saja? , untuk tampil lebih mirip sebaiknya anda siap2 merogoh kocek hingga 1,2 jt .



2.Jok Spartan
Yeah selain itu ada lagi agar vespa px anda tampak dominan seperti new px , yaitu JOK nya , jok single seat adalah pilihan , sebenernya banyak produksian lokal yang menjual jok single seat agar tampil trendy , namun menurut saya jok yg tepat adalah jok spartan (original copotan) , selain nyaman dan empuk jok ini terlihat lebih keren drpd produksian lokal yang berbahan plat , ditambah jok spartan ini bisa mengubah 50% bentuk vespa anda menjadi vespa new px

*Menurut saya 2 itu saja sudah merubah 90% sisanya aksesoris seperti Spion dll itu sesuai    selera anda , berikut lah hasilnya new px reproan :) hehe jangan lupa cat juga biar lebih    nambah eksis brother (berikut contoh dibawah ini setelah dimodif new px)




Modifikasi Mesin (biar mirip npx)
1.Ubah Pengapian Platina(khusus px tahun 80an) Ke CDI



Ubah Pengapian Platina Ke - CDI ini khusus vespa px anda yang masih mengadopsi platina , khususnya tahun 80an awal , namun untuk exclusive sepertinya lebih mudah karna px exclusive sudah mengadopsi sistem cdi , dapatkan keuntungan safety riding tanpa was2 jika anda mengadopsi sistem cdi pada vespa anda , berikut keuntungannya

Kelebihan ( SISTEM PENGAPIAN CDI )

-Pengapian Stabil (tdk gampang berubah + tahan lama bisa mencapai 2tahun sampai 3tahun)
-Tanpa Penyetelan Berulang2 (biasanya platina butuh perhatian khusus sebulan sekali utk distel)
-Awet Busi ! ya benar mengadopsi pengapian cdi menjadikan anda lebih awet busi (paling sebulan sekali anda ganti mungkin bisa jadi lebih) , karena pengapian stabil busi anda dijamin anti gosong , namun dibarengi kesehatan karburator anda juga , karena karburator berpengaruh penting terhadap busi anda yg sering mati krna gosong

Kelemahan (sistem cdi)
-Harga Yang relatif Mahal (ya benar namun invest jugadong krna tanpa penyetelan ulang) jadi wlpn harga mahal , pengapian cdi bisa bertahan sampai 4tahun (untuk yg original pengapian excel biasanya bermerk TIIC) , untuk yg lokal bisa bertahan sampai 2tahunan , utk harga yg lokal biasanya 200rban , dan yang ori bawaan vespa bs mencapai 500rban

-Sulit Jika sudah mati : ya jika cdi sudah mati siap2 anda dorong2 vespa anda (namun jarang ditemukan kejadian sprti ini) karna jika anda rutin service tiap bulan pasti org bengkel akan memberi tahu anda jika cdi+spull lemah dan harus ganti .



2.Pasang Electric Stater

Tak sedikit para scoterist yang ingin tampil maksimal dengan memanjakan vespanya dengan memasang electric stater (pada keluaran px dan exclusive atau sejenis lain yg blm mengadopsi electric stater) ,caranya ya ubah pengapian excel berikut rangkaian komponen yang berperan besar jika ingin pasang electric stater

1.Dinamo Stater


Ini sangatlah penting tanpa adanya ini mana mungkin merangsang listrik dari aki hehehe , dinamo stater (ori copotan excel) bisa dicari ditiap bengkel2 vespa , biasanya copotan untuk harga bervariasi namun sih rata2 orang jual 600rb ya paling mahal 1jt (siap2 dompet dirogoh abis untuk benda kecil seperti ini) ada juga yg jual dalam keadaan rusak , namun tenang wlpn sdh rusak tenang saja dinamo stater bisa dibenerin kok dgn ganti arengnya (menurut pengalaman sharing sm bokap ane , krna dlu bokap punya excel)

2.Kipas Magnet Excel


Kipas Magnet excel , untuk penempatan daripada dinamo stater ini diperlukan juga , untuk harga menurut saya variasi tergantung sipenjual itu menaruh harga , namun sih rata2 500rb sampai 800rb (aduh mahal bgt sih padahal kan bekas ) ya karna susah cari yg baru dan kalopun ada mahal juga pastinya. namun saya dengar kabar untuk keluaran exclusive2 (tahun 96 keatas) kipasnya tdk perlu diganti excel , tinggal bikin dudukan dinamo ditukang bubut , ini cuma denger kabar ya untuk aslinya saya tdk tahu ejelas hehe

3. Sistem Kelistrikan Aki


Nah Satu laginih yang gak kalah penting , yaitu AKI ! jika 2-2nya anda sudah pasang akan percumalah jika gada aki hihihihi , aki juga harus yg besar yg jelas sih tukang aki pada tau jika anda ingin membeli aki , untuk saran saya sarankan beli aki merk yuasa dan type basah (AKI BASAH) , ya untuk perawatan sebulan sekali cukup di-isi (AIR AKI) dan dicharge jika dirasa kurang jos akinya hehehe

Berikut diatas adalah rincian komponen yg sangat penting jika anda ingin mengadopsi sistem ELESTART(ELECTRIC STATER) menurut saya ini memakan biaya yang banyak hehe , silakhan dirincikan lagi yang masih punya planing hehehe :)


Sekian :) #SalamMesinKanan jika dirasa tulisan diatas ada yg kurang mohon dimaafkan dan kasih masukan kami ke email kami -> vespa_lawas@yahoo.com
biar admin bisa perbaikin dan bisa menambah wawasan pada scooterist indonesia


Share on Google Plus

About Vespa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. bos kalo ganti kepala jadi npx itu ada masalah ga? soalnya denger2 dari org bengkel suka patah kalo dikencengin

    BalasHapus
  2. pak brarti kalo yg mesin non excel harus bolongin krengkes lagi ya buat masukin gigi dinamonya?

    BalasHapus
  3. Excel saya aki dan dinamo stater fungsi normal, tapi tidak mau stater itu apa lagi penyebab nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah strokan belum bang.
      Kalo udah naik biasanya berat starternya.ga cuma di vespa motor jepangan juga gitu semua.
      Kalo salah dikoreksi sama sama masih belajar hihihi

      Hapus
  4. Untuk stang ORI belinya dimana om?

    BalasHapus
  5. Keren masbro sharing nya... Pengguna px nyimak

    BalasHapus